Jumat, 02 Januari 2009

TAHUN BARU - sebuah catatan

Seorang yang berusia 79 tahun, menjawab pertanyaan tentang umurnya. Dengan penuh keyakinan ia menjawab " Umur saya 10 tahun". Si penanya heran dan sedikit gusar, karena merasa pertanyaannya dijawab dengan main main. Tetapi ketika ia mencoba meminta penjelasan lebih lanjur, orang tua itu menegaskan; " ya saya merasa baru 10tahun, sebab 60 tahun hidup saya sebelumnya tidak saya gunakan demi kebaikan. Baru sepuluh tahun terakhir inilah saya memamahami makna hidup yang sebenarnya dengan melakukan kebaikan dan perbaikan. Dialogtentangt umuyr itu, konon terjadi pada jaman dinasti Abasyiah. Takmenjadi soal kapan itu terjadi, namun relevansi mengenainya masih tetap terasa sampoai kapanpun bagi siapapun yang merasa bahwa umur baru bermakna jika si empunya memanfaatkannya dengan baik. Memasuki tahun baru, apakah Hijriyah maupun masehi, soal umur mestinya menjadi perenungan sebagai ganti pesta hura hura yang biasa dilakukan........

Tidak ada komentar: